Beranda » Blog » Batching Plant Beton

Batching Plant Beton

T Diposting oleh pada 20 August 2017
F Kategori
b Comments Off on Batching Plant Beton
@ Dilihat 40 kali

3 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Batching Plant Beton

Apakah Anda tahu tentang beton minimix dan ready mix? Beton ini merupakan adukan beton siap pakai yang dibawa oleh truk mixer. Biasanya komposisi adukan beton ini sudah “diramu” oleh pihak produsen ready mix sesuai dengan mix design. Untuk mencampur beton tersebut, maka dibutuhkan lah Batching Plant Beton atau Concrete Plant dalam bahasa Inggris. Tanpa adanya alat ini, hampir mustahil untuk bisa membuat adonan beton ready mix dengan skala yang besar dan cepat untuk dijual kepada konsumen. Inilah beberapa hal yang bisa diketahui tentang alat ini.

batching-plant-beton

Tempat Produksi Beton Ready Mix

Apa itu batching plant? Pertanyaan inilah yang mungkin muncul dalam pikiran Anda. Batching plant beton adalah suatu area yang dilengkapi dengan alat alat yang digunakan untuk mencampur, mengaduk, dan memproduksi beton ready mix dalam partai besar. Beton ready mix ini biasanya beton yang digunakan untuk proyek – proyek tertentu yang dibawa dengan menggunakan truk mixer. Kegunaan batching plant pastinya adalah untuk menjaga produksi beton tersebut tetap stabil dan berkualitas bagus. Penggunaan alat ini juga untuk memenuhi standard dari nilai tes slump, dan kekuatannya yang tetap kuat dan stabil sehingga layak jual. Untuk memperoleh kualitas beton ready mix yang bagus, tentu saja komposisi bahan baku dan material harus terjaga dengan baik dan berkualitas.

Untuk memproduksi beton ready mix melalui batching plant beton, Anda bisa memperolehnya dengan mencampur beberapa bahan. Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah agregat halus (pasir), agregat kasar (kerikil), dan tambahan bahan lainnya seperti air, semen Portland dan admixture untuk menjaga waktu setting beton selama diperjalanan. Untuk membuatnya semakin tangguh dan kokoh, biasanya ditambahkan bahan – bahan tambahan bersifat fisikal dan kimiawi dengan jumlah perbandingan yang tepat hingga bisa menyatu dengan baik. Bila campuran beton ready mix ini sesuai, maka akan bisa mengeras dan kuat seperti batuan.

Terdiri Dari Dua Tipe

Lebih jauh mengulik apa itu batching plant akan semakin menarik untuk dikupas tuntas lagi. Selain sebagai tempat yang dilengkapi alat alat pencampur dan produksi beton ready mix dalam partai besar, alat ini juga berguna untuk menjaga konsistensi kualitas beton yang diproduksi dan mampu menjaga standar minimal kualitas beton tersebut. Pastinya alat ini mampu membuat beton ready mix yang diproduksi memenuhi standar minimal yang diharapkan untuk menyajikan beton kuat dan berkualitas bagus. Sebenarnya ada dua jenis dari alat batching plant ini.

1⃣ Tipe pertama adalah dry mixed batching plant yang memiliki fungsi untuk menimbang adonan dan bahan baku beton ready mix saja. Sedangkan proses pengadukan beton ready mix dilakukan pada concrete mixer truck.

dry-mixed-batch-plant-concrete

Tipe dry mixed batching plant berfungsi hanya menimbang masing masing material selanjutnya dipindahkan ke dalam truk mixer utk di mixing bercampur dengan air & admixture tambahan.

2⃣ Tipe kedua adalah wet mixed batching plant, dimana semua bahan baku yang disiapkan ditimbang, diaduk sesuai mix design dan diproduksi di pan besar, setelah nilai slump diketahui barulah adukan beton dipindahkan ke dalam truk mixer.

wet-mixed-batch-plant

Pada tipe wet-mixed batching plant semua material termasuk air & admixture dicampur di pan mixer, selanjutnya adukan beton yg sdh jadi dipindah ke truk mixer

Terdiri Dari Beberapa Bagian

Selain terdiri dari dua tipe, batching plant juga memiliki beberapa bagian yang dipergunakan untuk membuat beton segar siap pakai berkualitas bagus. Cement silo adalah bagian yang dipergunakan untuk menyimpan bahan baku semen dan menjaganya agar tidak mengeras. Belt conveyor adalah bagian dari batching plant yang berguna untuk menarik atau memindahkan bahan baku kasar dan halus agar naik keatas bin ke bagian storage. Sedangkan bin adalah tempat dimana bahan baku berkumpul menjadi satu dari base camp yang ditarik keatas.

Storage bin merupakan bagian penting lainnya. Storage bin merupakan bagian pemisah bahan baku pembuatan beton seperti agregat kasar (batu split), agregat halus (pasir), dan bubuk halus seperti fly ash dan semen. Lalu ada pula bagian timbangan lainnya yang berguna untuk menimbang bahan baku, air, serta semen. Dosage pump merupakan bagian untuk menambah bahan tambahan. Dan, bagian terakhir adalah tempat penampungan air.

Itulah tadi beberapa hal mengenai Batching Plant Beton yang harus diketahui.

 

Note :

Silahkan share artikel ini ke sosial media dg menekan tombol share di bagian bawah atau samping kiri artikel ini…!

 

 

 

 

 

a Artikel Terkait Batching Plant Beton

slump-beton

Slump Beton dan Cara Menguji Slump Beton

T 5 October 2017 F A mandirijayareadymix

Pengertian Slump Beton, Alat & Cara Uji Slump Beton Apakah kalian sudah familiar dengan isilah “slump beton”? Apa itu Slump beton? Slump beton atau Concrete Slump Test adalah pengujian yang dilakukan khusus untuk mengukur seberapa kental adukan beton tersebut. Ini... Selengkapnya

teknologi-beton

Teknologi Beton

T 1 October 2017 F A mandirijayareadymix

Sekilas Mengenai Teknologi Beton Beton adalah sebuah bahan material struktur bangunan yang dibuat dari pencampuran beberapa macam material seperti agregat kasar (batu split), agregat halus (pasir), semen dan air. Beton merupakan salah satu dari berbagai macam bahan bangunan yang hingga... Selengkapnya

pengertian-beton

Pengertian Beton

T 24 September 2017 F A mandirijayareadymix

Pengertian Beton Yang Harus Diketahui Ketika membangun sebuah bangunan tentu saja Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, baik dalam hal ketahanan dan cara perawatannya. Salah satu bahan bangunan konstruksi yang sangat umum dipakai dan merupakan salah satu yang wajib digunakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi tim marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk kami.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.