Beranda » Blog » Beton Bertulang

Beton Bertulang

T Diposting oleh pada 21 August 2017
F Kategori
b Comments Off on Beton Bertulang
@ Dilihat 27 kali

Keawetan Beton Bertulang untuk Suatu Proyek Besar

Pernahkah Anda mendengar tentang Beton Bertulang? Sebagian dari kita mungkin bertanya tanya mengapa dan bagaimana salah satu bahan konstruksi ini menjadi bahan yang banyak digunakan di dunia konstruksi dan terkenal awet. Salah satu bahan konstruksi ini memiliki bahasa keren yang disebut sebagai reinforced concrete. Bahan konstruksi ini merupakan struktur komposit yang bagus dan berkualitas yang dipakai untuk membuat konstruksi bangunan yang kokoh. Ada beberapa keunggulan yang membuat bahan konstruksi ini dipilih untuk membuat konstruksi bangunan kuat dan tahan lama. Keawetan dari beton jenis ini juga cenderung lebih baik karena kuat tekan dan kuat tariknya yang diatas rata – rata.

beton-bertulang

Kelebihan Struktur Beton Bertulang

Seperti kita ketahui bersama bahwa beton memiliki kuat tekan yang 10 kali lebih kuat dibandingkan kuat tariknya. Untuk menutup kekurangannya tersebut digunakan lah besi baja sebagai tulangan pada beton tersebut untuk mendapatkan kuat tariknya. Munculah produk baru dengan keunggulan tersendiri dari bahan konstruksi ini karena beton ini dibuat dari penggabungan dua jenis bahan baku utama yaitu beton yang merupakan gabungan antara agregat halus (pasir), agregat kasar (batu split),air dan semen serta ditambahkan besi baja sebagai tulang punggung sebagai penguat saat bahan konstruksi ini jadi struktur bangunan. Beton ini banyak digunakan sebagai bahan konstruksi untuk berbagai jenis bangunan seperti jembatan, bangunan bertingkat, jalan, kolom, balok struktur dan lain – lain karena lebih kokoh dan kuat.

Ada beberapa kelebihan struktur beton yang diberi tulangan, yang bisa didapatkan saat dipergunakan pada struktur bangunan. Yang pertama adalah beton ini lebih kuat terhadap gaya tarik dari pada beton tanpa tulangan. Selain itu, beton bertulang juga mempunyai ketahanan ekstra terhadap terpaan air dan angin sehingga membuatnya tak mudah goyah saat dimanfaatkan sebagai struktur bangunan yang banyak terdapat di pinggir laut, ditengah laut (pengeboran lepas pantai) maupun pinggir sungai sebagai sheet pile beton (dinding turap).

Kekokohan beton yang diberi tulangan besi ini sudah teruji dan terpercaya hingga kini yang mana masih menjadi pilihan utama untuk membuat bangunan pada proyek berskala kecil perumahan hingga proyek besar berskala besar seperti gedung gedung pencakar langit, jembatan, bendungan dll. Terlebih lagi biaya pemeliharaan beton ini bisa dibilang jauh lebih rendah karena kekuatannya yang berjangka waktu panjang sehingga akan menghemat biaya pemeliharaan bangunan untuk jangka waktu yang panjang pula.

Kelebihan lainnya adalah keawetan yang dihasilkan oleh beton bertulang yang tinggi. Beton ini lebih tahan lama dan awet dibandingkan dengan beton tanpa tulangan. Dalam kondisi normal struktur beton yang diberi tulangan ini bisa bertahan sangat lama dan tetap stabil untuk menahan beban. Dengan syarat besi tulangan yang terdapat di dalam selimut beton tidak kontak langsung dengan udara bebas apalagi air. Bila hal ini terjadi lama kelamaan besi yang terdapat di dalam selimut beton akan berkarat dan mengurangi kekuatan struktur beton bertulang. Struktur beton yang diberi tulangan ini bisa dibentuk ke berbagai bentuk sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Pembuatan beton ini juga jauh lebih gampang dan mudah dengan melibatkan tenaga amatir.

Apakah Keretakan Beton Bertulang Berdampak Pada Keawetannya?

beton-retak

Keretakan beton menyebabkan besi kontak langsung dengan udara & air yg berpotensi terhadap karat

Keawetan struktur beton bertulang akan terganggu jika terjadi keretakan pada bagian tertentu. Ada beberapa kasus dimana keretakan tersebut akhirnya merembet ke bagian lainnya. Apakah ini mempengaruhi ke-efektivitas-an dari penggunaan struktur beton bertulang untuk konstruksi bangunan? Secara normalnya pastinya berpengaruh karena kualitas konstruksi bangunan menjadi menurun.

Keamanan dari bangunan juga sedikit menurun dari standar keamanan yang ada. Tetapi, sebenarnya keretakan ini bisa diminimalkan asalkan proses pembuatan beton ini sesuai dengan standar pembuatan dan kualitas yang ada. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keawetan dan kekuatan struktur beton bertulang.

1⃣ Suhu

Faktor pertama adalah suhu. Perubahan suhu yang signifikan bisa menyebabkan keretakan pada permukaan beton saat beton ini sedang dibuat. Suhu ini adalah suhu hidrasi saat semen dan air bercampur sebelum beton setting (mengeras). Suhu ini terjadi akibat dari reaksi air dan semen yang semakin meningkat. Sesaat setelah beton dituangkan ke lokasi cor sebaiknya dilakukan curing beton dengan cara selalu menjaganya dalam keadaan lembab (basah).

2⃣ Proses Pembuatan Yang Kurang Baik

Selain suhu, proses pembuatan beton yang tak memenuhi standar juga berdampak terhadap keretakan. Proses pembuatan berpengaruh terhadap keawetan dan kualitas dari struktur beton itu sendiri. Ada baiknya baik itu kontraktor maupun para pekerja bangunan memperhatikan proses pembuatan dan campuran bahan baku dalam pembuatan struktur beton ini sehingga saat sudah dipergunakan sebagai struktur bangunan tak ada banyak bagian yang mengalami keretakan.

3⃣ Bahan Baku Yang Kurang Baik

Selain proses pembuatan beton, bahan baku yang kurang baik juga berakibat pada keretakan pada beton. Biasanya agregat halus (pasir) kurang bersih dan masih bercampur dengan lumpur sehingga membuat ikatannya menjadi kurang kuat. Hal ini pastinya akan menimbulkan keretakan pada permukaan beton.

keretakan-beton

Keretakan beton yang parah bisa menyebabkan robohnya bangunan

Dengan memperhatikan kelebihan dan faktor faktor yang mempengaruhi keawetan Beton Bertulang semoga para pekerja bangunan & kontraktor bangunan menjadi lebih perduli lagi & berhati hati saat membuat bahan konstruksi ini jangan sampai terjadi keretakan yang menyebabkan robohnya bangunan tersebut yang dapat merugikan banyak nyawa.

 

 

 

 

Note :

Silahkan share artikel ini ke sosial media dg menekan tombol share di bagian bawah atau samping kiri artikel ini…!

 

 

 

 

a Artikel Terkait Beton Bertulang

teknologi-beton

Teknologi Beton

T 1 October 2017 F A mandirijayareadymix

Sekilas Mengenai Teknologi Beton Beton adalah sebuah bahan material struktur bangunan yang dibuat dari pencampuran beberapa macam material seperti agregat kasar (batu split), agregat halus (pasir), semen dan air. Beton merupakan salah satu dari berbagai macam bahan bangunan yang hingga... Selengkapnya

slump-beton

Slump Beton dan Cara Menguji Slump Beton

T 5 October 2017 F A mandirijayareadymix

Pengertian Slump Beton, Alat & Cara Uji Slump Beton Apakah kalian sudah familiar dengan isilah “slump beton”? Apa itu Slump beton? Slump beton atau Concrete Slump Test adalah pengujian yang dilakukan khusus untuk mengukur seberapa kental adukan beton tersebut. Ini... Selengkapnya

pengertian-beton

Pengertian Beton

T 24 September 2017 F A mandirijayareadymix

Pengertian Beton Yang Harus Diketahui Ketika membangun sebuah bangunan tentu saja Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, baik dalam hal ketahanan dan cara perawatannya. Salah satu bahan bangunan konstruksi yang sangat umum dipakai dan merupakan salah satu yang wajib digunakan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi tim marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk kami.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.