Beranda » Blog » Pengertian Beton

Pengertian Beton

T Diposting oleh pada 24 September 2017
F Kategori
b Comments Off on Pengertian Beton
@ Dilihat 18 kali

pengertian-betonPengertian Beton Yang Harus Diketahui

Ketika membangun sebuah bangunan tentu saja Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, baik dalam hal ketahanan dan cara perawatannya. Salah satu bahan bangunan konstruksi yang sangat umum dipakai dan merupakan salah satu yang wajib digunakan ialah beton. Beton memang sangat umum dipakai pada jenis bangunan konstruksi berupa rumah, jembatan, gedung bertingkat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kami akan sedikit mengulas tentang Pengertian Beton yang harus Anda ketahui seperti pada judul artikel kami ini.

Material Pengisi Beton

Beton merupakan material atau bahan yang dipakai untuk keperluan struktur bangunan dan dibuat dengan campuran antara pasir, batu split atau kerikil, air, semen, dan juga bisa ditambahkan bahan – bahan lainnya untuk mendapatkan mutu beton khusus karena digunakan untuk bahan struktur bangunan khusus.

  • Agregat Kasar

Untuk mendapatkan adukan beton dibutuhkan agregat kasar atau batu split (batu belah) pada campurannya. Batu split dihasilkan dari quarry atau tambang batu.

  • Agregat Halus

Selain agregat kasar pada campuran beton juga memerlukan agregat halus atau pasir dalam bahasa awamnya. Pasir dihasilkan dari penambangan pasir yang banyak terdapat di alam.

  • Semen

Untuk pengikat atau menyatukan beberapa material tersebut diatas dibutuhkan lah semen. Semen diproduksi di pabrik semen dan mengandung beberapa material penting di dalamnya spt : Kalsium, Alumina, Besi dan Silika.

  • Air

Sebagai pelarut saat proses pencampuran berlangsung dibutuhkan lah air. Salah satu syarat air yang baik yang bisa dipergunakan untuk melarutkan campuran beton adalah yang bisa diminum. Atau yang lebih lengkapnya lagi adalah : tidak mengandung lumpur (tidak lbh dari 2 gr/liter), tidak mengandung kadar garam (tidak lbh dari 15 gr/liter) dan tidak mengandung klorida (tidak lbh dari 0.5 gr/liter).

Pengertian beton yang sering kali terlintas di benak pikiran kita semua terwakili dari beberapa campuran material diatas yang dibutuhkan untuk membuat adukan beton. Namun ada satu material tambahan lagi yang biasa ditambahkan untuk memproduksi beton ready mix, yaitu :

  • Admixture

Admixture atau bahan kimia tambahan yang dicampurkan saat memproduksi beton segar siap pakai adalah Type B (retarding), berfungsi untuk memperlambat pengikatan adukan beton atau dengan kata lain bahan kimia tersebut memperlambat pengerasan adukan beton. Retarder dibutuhkan saat pengiriman beton ready mix berlangsung mulai dari batching plant hingga lokasi cor menembus kemacetan jalan raya terutama di kota kota besar seperti Jakarta.

campuran-beton

Beton yaitu campuran antara pasir, batu split atau kerikil, air, semen yang dipakai untuk keperluan struktur bangunan

Kelebihan beton adalah kuat menahan gaya tekan tetapi rendah atau kurang kuat menahan gaya tarik untuk melengkapi kekurangannya tersebut digunakan lah bersama dengan besi baja sebagai tulangan yang membuat beton akan lebih kuat menahan gaya tarik maupun gaya tekan dan mempunyai tingkat keawetan yang cukup baik. Akhirnya muncullah produk baru bernama beton bertulang atau reinforced concrete yaitu penggabungan dua material yang saling memberikan manfaat diantara keduanya.

Oleh karena beton sudah dilengkapi dengan besi sebagai tulangan hal tersebut bisa membuat beton semakin kuat menahan gaya tekan maupun gaya tarik. Jenis beton bertulang memang cukup mudah Anda jumpai pada setiap elemen dari struktur bangunan, baik dari pondasi sebuah bangunan, pelat lantai, balok, dan juga kolom. Beton bertulang kadang kala juga dipakai pada proses pembuatan infrastruktur misalnya jalan beton, jembatan beton, bendungan, dan masih banyak lagi lainnya.

Keunggulan Beton Untuk Konstruksi

Menggunakan beton untuk konstruksi bangunan Anda akan mendapatkan beberapa keunggulan yang akan di dapatkan. Misalnya saja seperti berikut ini:

  • Penggunaan beton bisa dengan mudah dibentuk dengan memakai bekisting yang sesuai dengan keperluan dari konstruksi bangunan Anda.
  • Menggunakan beton dapat memberikan kepada Anda daya tekan yang cukup tinggi.
  • Menggunakan beton untuk konstruksi bangunan bisa memberikan ketahanan yang sangat baik pada temperatur suhu baik suhu tinggi maupun suhu dingin sekalipun.
  • Penggunaan beton untuk bahan bangunan bisa membuat Anda lebih berhemat apabila dibandingkan dengan menggunakan material baja.
  • Penggunaan beton juga memberikan kepada Anda mutu yang berbeda – beda sesuai dengan keperluan Anda untuk konstruksi bangunan Anda.
  • Jika menggunakan beton untuk bahan bangunan konstruksi Anda, maka Anda akan lebih mudah merawatnya dan juga bisa lebih awet dan tahan lama.

Namun diantara kelebihan – kelebihan yang Anda dapatkan dari penggunaan beton sebagai bahan konstruksi bangunan, juga ada kekurangan yang bisa Anda rasakan. Misalnya saja mutu akhir yang akan Anda dapatkan dari proses pembuatan konstruksi beton maka akan sangat dipengaruhi oleh mutu bahan baku dari beton tersebut dan juga bagaimana proses dari pelaksanaan pengecoran tersebut.

Jenis Beton

Pengertian beton sudah kami jelaskan diatas, kini kami akan sedikit mengulas tentang jenisnya. Beton sendiri ada beberapa jenisnya misalnya saja jenis beton siklop yang sama dengan jenis beton normal pada biasanya, yang menjadi pembeda adalah beton siklop dipakai dengan menggunakan batu yang cukup besar (berukuran sekitar 10-20 cm). Pada umumnya jenis beton ini dipakai untuk konstruksi bangunan berupa jembatan, pangkal jembatan, bendungan, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selanjutnya adalah jenis beton ringan yang sama dengan jenis beton biasa. Yang menjadi pembeda hanya pada tingkat agregat kasar diganti dengan menggunakan agregat yang lebih ringan. Atau Anda bisa menggunakan jenis beton biasa dan ditambahkan dengan bahan yang bisa membuat gelembung udara.

Yang ketiga adalah jenis beton non pasir atau porous concrete. Jenis beton ini menggunakan bahan tanpa pasir, sehingga hanya menggunakan air, semen, dan juga kerikil. Apabila tidak menggunakan pasir maka secara otomatis rongga – rongga yang ada pada kerikil tidak dapat terisi. Jenis beton ini sangat cocok untuk jadi pelat lantai pada halaman rumah sehingga air hujan dapat terserap dengan baik ke dalam lapisan tanah. Masih banyak lagi jenis beton yang bisa Anda temukan seperti jenis beton prategang, beton paracetak, beton bertulang, beton hampa, beton masa, beton serat, dan masih ada lagi yang lainnya.

Sesuaikan Mutu Beton Dengan Keperluan

Menggunakan beton sebagai konstruksi bangunan memang terbilang cukup sering digunakan dan kini lebih beragam produsennya dan lebih dipermudah utk mendapatkannya. Untuk cek Harga Jayamix Per Kubik << bisa diklik disini. Sedangkan jika Anda akan cek Harga Beton Ready Mix Holcim << silahkan klik disini.

Untuk itu Anda bisa memilih jenis beton sesuai dengan mutu dari beton tersebut dan untuk apa beton yang Anda gunakan pada konstruksi bangunan Anda. Anda bisa menyesuaikan mutu dari beton tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda dan keperluan bangunan konstruksi Anda. Misalnya saja pada kelas dan mutu beton kelas K – 225 yang bisa dipakai untuk bahan konstruksi bangunan jalan kompleks perumahan, sedangkan pada kelas dan mutu beton kelas K- 350 digunakan untuk bahan konstruksi bangunan berupa lantai yang biasanya dipakai pada sebuah pabrik. Tentu saja harga beton menyesuaikan dengan mutu dan kelas dari beton itu sendiri.

Semoga ulasan mengenai Pengertian Beton yang kami sampaikan ini bisa dipahami dan bermanfaat, terima kasih sudah mampir ke website www.mandirijayareadymix.com

Note :

Silahkan share artikel ini ke teman atau ke sosial media dg menekan tombol share di bagian bawah atau samping kiri artikel ini…!

 

a Artikel Terkait Pengertian Beton

beton-bertulang

Beton Bertulang

T 21 August 2017 F A mandirijayareadymix

Keawetan Beton Bertulang untuk Suatu Proyek Besar Pernahkah Anda mendengar tentang Beton Bertulang? Sebagian dari kita mungkin bertanya tanya mengapa dan bagaimana salah satu bahan konstruksi ini menjadi bahan yang banyak digunakan di dunia konstruksi dan terkenal awet. Salah satu... Selengkapnya

teknologi-beton

Teknologi Beton

T 1 October 2017 F A mandirijayareadymix

Sekilas Mengenai Teknologi Beton Beton adalah sebuah bahan material struktur bangunan yang dibuat dari pencampuran beberapa macam material seperti agregat kasar (batu split), agregat halus (pasir), semen dan air. Beton merupakan salah satu dari berbagai macam bahan bangunan yang hingga... Selengkapnya

batching-plant-beton

Batching Plant Beton

T 20 August 2017 F A mandirijayareadymix

3 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Batching Plant Beton Apakah Anda tahu tentang beton minimix dan ready mix? Beton ini merupakan adukan beton siap pakai yang dibawa oleh truk mixer. Biasanya komposisi adukan beton ini sudah “diramu” oleh pihak produsen... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi tim marketing kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai produk kami.

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.